Memberikan Informasi Tentang Teknologi Terkini

Random Posts

Saturday 11 February 2017

Apa Itu Sistem Operasi ?

Operation System/OS (Sistem Operasi) merupakan program yang bertugas mengontrol dan memanajemen perangkat keras yang sebagai operasi-operasi dasar sistem, termasuk dalam menjalankan suatu program yang dapat memudahkan dalam suatu pekerjaan.





  • Sistem Operasi Komputer
    merupakan software di lapisan pertama dalam meletakkan memori komputer (Hardisk) di saat komputer dinyalakan. Lalu pada program lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan melakukan layanan inti umum keseluruhan program. Layanan inti umum tersebut misalnya akses ke disk, manajemen memori, skudiling task, dan antar muka user. Sehingga setiap software tidak lagi melakukan tugas inti umum karena telah dilakukan dan dilayani oleh Sistem Operasi.

  • Sistem Operasi Berfungsi
    sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Baca Juga : Android VS iOS 

Bagian-Bagian Sistem Operasi :

  • Mekanisme Boot, adalah meletakkan kernel ke dalam memori
  • Kernel yaitu inti dari sebuah sistem operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas dalam membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh apliaksi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya 

Fungsi-Fungsi Sistem Operasi : 
  • Membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman digunakan
  • Memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien
  • Disusun atau diprogram untuk sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dengan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada. 

Share:

Facebook

Header Ads

BTemplates.com

Memberikan segala informasi dalam sebuah artikel bertentangkan teknologi
Powered by Blogger.

Cari Disini...

Recent in Sports

Comments

Popular