Memberikan Informasi Tentang Teknologi Terkini

Random Posts

Saturday 11 February 2017

Apa Itu VGA ?

Apa Itu VGA ? Pengertian VGA ? Fungsi VGA ?, Jadi VGA atau nama panjangnya adalah Video Graphics Array, merupakan salah satu komponen utama komputer yang mampu mengolah data grafis sehingga dapat ditampilkan dilayar monitor, VGA juga mempunyai processor yakni GPU  GPU (Graphics Processing Unit) dan VGA pun membutuhkan memory.

Menurut (https://id.wikipedia.org/wiki/VGA) Video Graphics Array (VGA), adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

  • Pengertian VGA

VGA merupakan sebuah hardware yang mampu melakukan pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan di monitor. VGA juga biasa disebut dengan Video Adapter, Display Card, Graphics Card, Graphics Board, Display Adapter atau Graphics Adapter. VGA sering dipergunakan untuk komputer yang beresolusi 640×480 yang sekarang ini sudah tidak di pakai lagi. VGA yang sekarang sudah menggunakan Graphic Accelerator chip yang mampu melakukan rendering 3D untuk ditampilkan di layar monitor.Untuk menggunakan VGA, yang perlu dilakukan yaitu menancapkannya di motherboard dan menghubungkannya ke monitor. Struktur VGA mirip seperti komputer, VGA memiliki processor yang disebut GPU ditambah dengan memori. Processor membutuhkan listrik untuk bekerja dan karena adanya listrik yang mengalir, juga membutuhkan pendingin atau heatsink untuk mengurangi panas. Jika terlalu panas maka VGA card bisa rusak dan tidak dapat digunakan kembali.

  •  Fungsi VGA

Setelah kita mengetahui pengetian dari VGA, kita juga mesti perlu mengetahui fungsi dari perangkat lunak, seperti apa fungsi perangkat lunak ini. Fungsi VGA adalah untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Untuk menggambar atau design graphic maupun bermain game.
Share:

Facebook

Header Ads

BTemplates.com

Memberikan segala informasi dalam sebuah artikel bertentangkan teknologi
Powered by Blogger.

Cari Disini...

Recent in Sports

Comments

Popular